Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Konten, Pemkab Sergai Gelar Bimtek dan Hadirkan Praktisi

Pemkab Sergai melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kapasitas Sumber Daya Komunikasi Publik Bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana dan Admin Media Sosial Serta Website

topmetro.news – Dalam rangka meningkatkan kompetensi pengelola konten pemerintahan sekaligus mendukung diseminasi informasi pembangunan, Pemkab Sergai melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kapasitas Sumber Daya Komunikasi Publik Bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana dan Admin Media Sosial Serta Website di Lingkungan Pemkab Sergai.

Bimtek dibuka oleh Bupati Sergai H Darma Wijaya, Selasa (15/11/2022), di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah.

Hadir Sekdakab HM Faisal Hasrimy AP MAP, Asisten Ekbang Drs Nasrul Azis Siregar, Asisten Administrasi Umum Ir Kaharuddin MM. Juga ada Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM dr Bulan Simanungkalit MKes, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik H Henry Suharto SSos. Serta, Kaban Kesbangpol M Kahar Efendi SSos, para camat, sekretaris OPD, dan perwakilan OPD.

Dalam sambutannya, Bupati Sergai menyampaikan informasi merupakan salah satu aspek penting dalam proses pembangunan daerah. Diseminasi atau distribusi informasi yang baik perihal proses kerja dan hasil pembangunan daerah, menurutnya dapat menimbulkan citra positif sekaligus menghimpunan dukungan dari masyarakat luas.

Kata Darma Wijaya, penggunaan kanal informasi yang tersedia, entah itu media tradisional seperti surat kabar, televisi, radio, maupun saluran kekinian yang lebih populer semacam website dan sosial media, harus maksimal.

Baginya, pemerintah mesti mampu menginformasikan sekaligus mengkomunikasikan berbagai kerja dan capaian. Sehingga masyarakat menyadari, pemerintah daerah sudah menjalankan amanah publik dan undang-undang lewat kebijakan dan hasil pembangunan.

Karakteristik

Kemudian Bupati menyampaikan, dalam proses menuju kondisi ideal tersebut, perlu pengetahuan dan penguasaan pengelolaan konten yang baik oleh para sumber daya manusia (SDM) yang bertanggungjawab menanganinya di lingkungan pemerintahan. Menurutnya proses pengelolaan konten, apalagi dalam lingkup birokrasi pemerintahan, memiliki kaidah dan karakterstik berbeda dengan aktivitas serupa, misalnya saja, sektor komersil.

“Untuk itu saya berharap, para peserta PPID pelaksana dan admin media sosial serta website di lingkungan Pemkab Sergai dapat mengikuti kegiatan ini secara maksimal. Serap ilmu yang diperlukan sebaik-baiknya. Agar nantinya dapat diaplikasikan dalam kerja publikasi. Semoga lewat pengelolaan konten yang berkualitas, kerja pemerintahan dalam mewujudkan Sergai yang Maju Terus: Mandiri, Dejahtera, dan Religius, dapat terwujud,” tandas Bang Wiwik.

Sementara dalam laporannya, Kadis Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sergai Drs H Akmal AP MSi menyampaikan pelaksanaan kegiatan bertujuan sebagai upaya memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada seluruh peserta, pentingnya penyebarluasan informasi pembangunan kepada masyarakat.

Selain itu ia menjelaskan, bimtek juga bertujuan memberikan pemahaman kepada peserta kegiatan agar menyampaikan informasi secara baik. Tentunya sesuai dengan kaidah pemberitaan.

“Yang tak kalah penting, pelaksanaan kegiatan hari ini bertujuan untuk mempererat tali silaturrahim, kekompakan, dan kebersamaan antara sesama peserta bimtek dalam upaya menjalankan tugasnya mempublikasikan informasi pembangunan di Kabupaten Sergai, demi mewujudkan Sergai yang Maju Terus,” katanya.

Kegiatan berlangsung dua hari mulai tanggal 15 hingga 16 November. Pada hari pertama menghadirkan narasumber, Sekdakab Sergai HM Faisal Hasrimy AP MAP dan Ketua Komisi Informasi Daerah Sumut Dr Abdul Harris SH MKN. Sedangkan hari kedua, narasumber adalah praktisi media sosial Dr Meirisa Anggia Siregar SSos MSi dan Pemred Tribun News Medan Iin Solihin.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment